Allo!

Welcome to my blog! Please note that all posts in this blog are mine, except those which I copied from other pagers (read disclaimer on the bottom of those posts). I don't mind if you post mine in your blog, but please include a disclaimer that those posts are mine. Don't hesitate to ask me anything or just leave some comments to my posts. Comments are really waited!

Enjoy!

-ten

Sunday, September 11, 2011

Unsur Intinsik dan Ekstrinsik dalam Suatu Karya Sastra

1. UNSUR INTRINSIK 
Unsur intrinsik adalah unsur dari dalam suatu karya sastra yang membentuk karya sastra tersebut. Unsur intrinsik karya sastra terdiri atas :
A. Alur cerita/plot 
Sebuah cerita dapat disajikam dengan alur maju(mengalir dari sekarang menuju masa yang akan datang), mundur/flashback (mengingat masa lalu) atau campuran (maju mundur).
B. Latar Cerita 
Adalah keterangan mengenai waktu, ruang / tempat, dan suasana yang terjadi dalam cerita.
C. Perwatakan 
Adalah karakter atau sifat batin yang mempengaruhi segenap pikiran dalam tingkah laku tokoh dalam cerita.
D. Sudut pandang pengarang 
Adalah cara pengarang mengisahkan cerita. Sudut pandang dibagi menjadi orang pertama,orang ketiga,serta campuran pertama dan ketiga.
E. Amanat 
Adalah pesan yang ingin disampaikam oleh pengarang melalui isi cerita yang disampaikan tersurat (langsung disebutkan dalam dialog antartokoh) atau tersirat.

 2. UNSUR EKSTRINSIK 
A. Latar belakang pengarang 
Karya sastra dapat berkaitan dengan latar belakang pengarangnya walaupun itu tidak terlalu dominan. Latar belakang pengarang diantaranya meliputi pendidikan, suku bangsa dan pola pemikiran.
B. Semangat zaman
Proses kreatif dapat pula seiring dengan perubahan iklim sosial sehingga memunculkan berbagai ciri karya sastra dengan zamannya.
C. Nilai-nilai karya sastra prosa 
Melalui pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam karya sastra, proses pembacaan karya sastra dapat lebih bermakna. Kita pun dapat membiasakan diri mengasah intusisi sehingga menjadi lebih peka dan peduli terhadap keadaan sekitar.
• Nilai sosial
• Nilai budaya
• Nilai moral
• Nilai agama
• Nilai sejarah
• Nilai politik
• Nilai pendidikan

No comments:

Post a Comment